Langkah-langkah Membuat Paspor

Membuat paspor adalah pekerjaan yang tidak sulit. Jika kita mengetahui tata cara membuatnya dengan urutan yang paling tepat akan sangat mengefisienkan waktu. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilalui:

 

  1. Langsung saja datang ke Kantor Imigrasi daerah masing-masing dengan membawa:
      1. Akte kelahiran beserta foto kopiannya 1 lembar
      2. Ijazah terakhir beserta foto kopiannya 1 lembar
      3. Buku Nikah bagi yang sudah menikah beserta foto kopiannya 1 lembar
      4. Kartu Identitas beserta fotokopiannya 1 lembar
      5. Kartu Keluarga (jangan lupa KK sudah ditandatangani kepala keluarga) beserta foto kopiannya 1 lembar
      6. Surat rekomendasi dari kantor (bagi yang sudah bekerja)
      7. Surat keterangan/ Izin dari keluarga untuk bepergian (membuat paspor)
      8. Surat keterangan/ permohonan penggantian nama di paspor
      9. Materai Rp 6000 (sesuai kebutuhan, minimal 1 lembar)
  2. Harus dipastikan bahwa nama & tanggal lahir di setiap poin i, ii, iii, iv, v SAMA
  3. Setelah sampai di kantor Imigrasi langsung ke loket/ koperasi untuk membeli map yang telah disediakan oleh kantor Imigrasi. Ada beberapa warna sesuai kebutuhan, warna kuning untuk paspor baru. Jangan terlihat seperti anak ayam kehilangan induknya karena di sana ada calo yang mengintai.
  4. Di dalam map yang kita beli di koperasi ada 3 formulir yang harus diisi dan salah satunya adalah surat pernyataan yang menggunakan materai. Isilah formulir-formulir tersebut sesuai data-data anda (nomor 2)
  5. Sebenarnya bisa salah satu saja yang dipakai dari poin i, ii dan iii. Bila sudah ada akte kelahiran tidak perlu ijazah terakhir dan buku nikah karena semuanya seharusnya memuat nama yang sama.
  6. Jangan bikin susah diri sendiri, bila di KTP tertera belum bekerja maka di formulir isian tulislah belum bekerja padahal saat ini anda sudah bekerja, karena pihak Imigrasi akan meminta anda membawa surat rekomendasi dari kantor (heuuwww)
  7. Surat keterangan/ permohonan penggantian nama pada paspor anda buat sendiri (pakai materai), biasanya penambahan nama keluarga/ ayah atau kakek yang dipakai. Hal ini terutama bagi anda yang hanya bernama 1 kata atau ingin memakai nama keluarga
  8. Surat persetujuan keluarga untuk membuat paspor bisa diminta di loket penyerahan berkas atau anda buat sendiri (jangan lupa yang tanda tangan adalah keluarga, orang tua atau suami/istri).
  9. Semua nomor 2 (berkas2 asli dan foto kopi) dan formulir-formulir tersebut dijadikan 1 dalam map yang anda beli tadi dan diserahkan kepada petugas di loket penerimaan berkas baru/ permohonan pembuatan paspor.
  10. Petugas akan memeriksa kelengkapan berkas dan kesamaan di setiap lembarnya, bilah sudah OK petugas akan meminta anda datang pada waktu tertentu untuk melakukan wawancara dan foto.
  11. Datang tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan keesokan harinya dengan menggunakan pakaian berkerah/ kemeja.
  12. Setelah tiba di kantor Imigrasi untuk foto dan wawancara, datang ke loket permohonan pembuatan paspor/ penyerahan berkas (nomor 10). Anda akan diberikan kertas tagihan yang harus dibayar.
  13. Ke loket pembayaran untuk membayar biaya administrasi sebesar Rp 255.000,- (tidak tahu apakah setiap daerah sama) dan anda akan menerima kuitansi pembayaran (kuitansi jangan dibuang).
  14. Langsung masuk ke ruangan wawancara & foto, berkas anda akan diantar petugas ke ruangan wawancara & foto bersama berkas-berkas orang lain. Tunggulah sejenak karena berkas-berkas anda dan orang lain sedang dicatat petugas. Setelah selesai, petugas akan memanggil nama anda untuk menyerahkan berkas anda.
  15. Berkas yang sudah anda terima, anda setorkan kepada petugas foto untuk mengantri foto. Bila anda tidak mengenakan kemeja, disana ada beberapa kemeja yang disediakan untuk berfoto.
  16. Setelah difoto, berkas akan diserahkan kepada anda untuk selanjutnya diberikan kepada petugas wawancara. Setelah itu silakan menunggu panggilan wawancara.
  17. Setelah nama anda dipanggil, petugas akan mewawancarai anda seputar berkas-berkas tersebut. Contoh pertanyaan: apa tujuan anda membuat paspor? padahal sudah anda tulis di formulir itu.
  18. Setelah semua selesai, anda dapat kembali 3 hari kemudian untuk mengambil paspor di loket pengambilan paspor. Kuitansi pembayaran harus dibawa untuk mengambil paspor.
  19. Selamat menikmati paspor anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>